Ad Unit (Iklan) BIG

RINGKASAN MATERI SENI BUDAYA KELAS VII SEMESTER 1 BERNYANYI SOLO


Kegiatan Pembelajaran 1
Siapakah Idolamu?

I. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran untuk materi ini adalah

1. Peserta didik meninjau, mengumpulkan dan merekam pengalaman dari beragam praktik bermusik di industri musik saat ini, khususnya kompetisi bernyanyi seperti Indonesian Idol, Dangdut Academy, The Voice Indonesia dan lain sebagainya yang memiliki tingkat popularitas dan minat yang tinggi dikalangan remaja dan usia peserta didik saat ini.

2. Peserta didik menggali proses yang harus dilalui untuk menjalani kompetisi bernyanyi dan mengidentifikasikan hal yang harus dilakukan agar berhasil dalam lomba.

3. Peserta didik mampu menunjukkan kepekaannya  terhadap unsur-unsur bunyi/musik dari konteks sederhana dari sajian musik seperti:nada, tempo, teknik vokal yang benar, genre musik, lirik lagu dan lain sebagainya.

Waktu pembelajaran  4x40 menit

Materi Pokok:
1. Menjadi Juri
Tak dapat dipungkiri bahwa dunia layar kaca Indonesia saat ini dipenuhi oleh berbagai macam ajang lomba dalam dunia vokal seperti Indonesian Idol yang hingga tahun 2023 ini sudah berlangsung selama 12 kalinya. Apabila kita melihat lebih kebelakang, ajang lomba mencari bakat seperti ini diawali oleh AFI (Akademi Fantasi Indosiar) yang dimulai sejak tahun 2003-2009, KDI (Kontes Dangdut Indonesia) sejak tahun  2004 hingga kini. Liga Dangdut Indonesia, Dangdut Academy,  X Factor Indonesia, The Voice, dan lain sebagainya. Yang jelas banyak sekali lulusan dari kontestan lomba-lomba ini telah menjadi seorang bintang yang sangat populer dan menjadi idola dari anak-anak muda saat ini.

Jalan untuk sukses tentunya tidak mudah. Mereka selain harus memiliki penampilan yang menarik, juga harus memililiki talenta dan keterampilan dasar sebagai seorang penyanyi yaitu bernyanyi dengan nada yang tepat dan suara yang indah.


0 komentar:

Posting Komentar